Perangkat Pembelajaran K13 Revisi 2019 Mapel SKI Kelas 3 MI

Perangkat Pembelajaran K13 Revisi 2019 Mapel SKI Kelas 3 MI

RPP dijabarkan dari silabus untuk mengarahkan kegiatan belajar peserta didik dalam upaya mencapai KD. Setiap pendidik berkewajiban menyusun RPP secara lengkap dan sistematis agar pembelajaran berlangsung secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, dan memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, perkembangan fisik dan psikologis, serta lingkungan peserta didik. 

RPP disusun untuk setiap KD yang dapat dilaksanakan dalam aktivitas pembelajaran. Pendidik merancang penggalan RPP untuk setiap aktivitas pembelajaran yang disesuaikan dengan penjadualan di satuan pendidikan. 

Komponen RPP adalah: 
Identitas mata pelajaran, Identitas mata pelajaran meliputi: satuan pendidikan, kelas/kelompok belajar, semester/tingkatan, program, mata pelajaran atau tema pelajaran, dan jumlah aktivitas pembelajaran. 

Standar kompetensi, Standar kompetensi merupakan kualifikasi kemampuan minimal peserta didik yang menggambarkan penguasaan pengetahuan, sikap, dan keterampilan yang diharapkan dicapai pada setiap kelas dan/atau semester pada suatu mata pelajaran.
Kompetensi dasar, Kompetensi dasar adalah sejumlah kemampuan yang harus dikuasai peserta didik dalam mata pelajaran tertentu sebagai rujukan penyusunan indikator kompetensi dalam suatu pelajaran.

Indikator pencapaian kompetensi, Indikator kompetensi adalah perilaku yang dapat diukur dan/atau diobservasi untuk menunjukkan ketercapaian kompetensi dasar tertentu yang menjadi acuan penilaian mata pelajaran. Indikator pencapaian kompetensi dirumuskan dengan menggunakan kata kerja operasional yang dapat diamati dan diukur, yang mencakup pengetahuan, sikap, dan keterampilan.
Tujuan pembelajaran, Tujuan pembelajaran menggambarkan proses dan hasil belajar yang diharapkan dicapai oleh peserta didik sesuai dengan kompetensi dasar.

Materi ajar, Materi ajar memuat fakta, konsep, prinsip, dan prosedur yang relevan, dan ditulis dalam bentuk butir-butir sesuai dengan rumusan indikator pencapaian kompetensi.
Alokasi waktu, Alokasi waktu ditentukan sesuai dengan keperluan untuk pencapaian KD dan beban belajar.

Metode pembelajaran, Metode pembelajaran digunakan oleh pendidik untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik mencapai kompetensi dasar atau seperangkat indikator yang telah ditetapkan. Pemilihan metode pembelajaran disesuaikan dengan situasi dan kondisi peserta didik, serta karakteristik dari setiap indikator dan kompetensi yang hendak dicapai pada setiap mata pelajaran.

Kegiatan pembelajaran, 
Pendahuluan, Pendahuluan merupakan kegiatan awal dalam suatu pertemuan pembelajaran yang ditujukan untuk membangkitkan motivasi dan memfokuskan perhatian peserta didik terlibat aktif dalam proses pembelajaran.

Inti, Kegiatan inti merupakan proses pembelajaran untuk mencapai KD. Kegiatan pembelajaran dilakukan secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik. Kegiatan ini dilakukan secara sistematis dan sistemik melalui proses eksplorasi, elaborasi, dan konfirmasi.
Penutup, Penutup merupakan kegiatan yang dilakukan untuk mengakhiri aktivitas pembelajaran yang dapat dilakukan dalam bentuk rangkuman atau kesimpulan, penilaian diri dan refleksi, umpan balik, serta tindak lanjut. 

Sumber belajar, Penentuan sumber belajar didasarkan pada standar kompetensi dan kompetensi dasar, serta materi ajar, kegiatan pembelajaran dan indikator pencapaian kompetensi.
Penilaian hasil belajar, Prosedur dan instrumen penilaian proses dan hasil belajar disesuaikan dengan indikator pencapaian kompetensi dan mengacu kepada Standar Penilaian. 

Baca Juga :
  • Perangkat Pembelajaran K13 Revisi 2020 Kelas 1, Unduh File
  • Perangkat Pembelajaran K13 Revisi 2020 Kelas 2, Unduh File
  • Perangkat Pembelajaran K13 Revisi 2020 Kelas 3, Unduh File
  • Perangkat Pembelajaran K13 Revisi 2020 Kelas 4, Unduh File
  • Perangkat Pembelajaran K13 Revisi 2020 Kelas 5, Unduh File
  • Perangkat Pembelajaran K13 Revisi 2020 Kelas 6, Unduh File
  • Perangkat Pembelajaran K13 Revisi 2020 Mapel PAI & BP Kelas 1-6, Unduh File
  • Perangkat Pembelajaran K13 Revisi 2020 Mapel PJOK Kelas 1-6, Unduh File
Baca Juga :


    • RPP 1 Lembar K13 Revisi 2020 Mapel Fiqih Kelas 1-6, Unduh File
    • RPP 1 Lembar K13 Revisi 2020 Mapel SKI Kelas 3-6, Unduh File
    • RPP 1 Lembar K13 Revisi 2020 Mapel B. Arab Kelas 4-6, Unduh File
    • RPP 1 Lembar K13 Revisi 2020 Mapel Quran Hadist Kelas 1-6, Unduh File
    • RPP 1 Lembar K13 Revisi 2020 Mapel Aqidah Ahklak Kelas 1-6, Unduh File
    Download File
    Perangkat Pembelajaran K13 Revisi 2019 Mapel SKI Kelas 3 Jenjang MI, Belum Terbit, Sebagai Referensi Perangkat Pembelajaran K13 Revisi 2017 Dibawah ini:
    Perangkat Pembelajaran K13 Revisi 2017 Mapel SKI Kelas , 3

    SEMESTER 1
    RPP, UNDUH
    SILABUS, UNDUH
    PROTA, UNDUH
    PROSEM, UNDUH
    KKM, UNDUH

    SEMESTER 2
    RPP, UNDUH
    SILABUS, UNDUH
    PROTA, UNDUH
    PROSEM, UNDUH
    KKM, UNDUH

    No comments for "Perangkat Pembelajaran K13 Revisi 2019 Mapel SKI Kelas 3 MI"

    bukti akreditasi lengkap