Download RPP 1 Lembar IPA K13 Revisi 2020 Kelas 7 Semester 2

Download RPP 1 Lembar IPA K13 Revisi 2020 Kelas 7 Semester 2

Download RPP 1 Lembar IPA K13 Revisi 2020 Kelas 7 Semester 2, yang akan saya bagikan ini adalah sebagai contoh atau panduan bapak/ibu dalam membuat RPP Format 1 Lembar yang mengacu pada surat edaran nomor 14 tahun 2019.

Kurikulum 2013 dirancang untuk memperkuat kompetensi siswa dari sisi pengetahuan, keterampilan dan sikap secara utuh. Proses pencapaiannya melalui pembelajaran sejumlah mata pelajaran yang dirangkai sebagai suatu kesatuan yang saling mendukung pencapaian kompetensi tersebut. Bila pada jenjang SD/MI, semua mata pelajaran digabung menjadi satu dan disajikan dalam bentuk tema-tema, maka pada jenjang SMP/MTs pembelajaran sudah mulai dipisah-pisah menjadi mata pelajaran.

Sebagai transisi menuju ke pendidikan menengah, pemisahan ini masih belum dilakukan sepenuhnya bagi siswa SMP/MTs. Materi-materi dari bidangbidang ilmu Fisika, Kimia, Biologi, dan Ilmu Bumi dan Antariksa masih perlu disajikan sebagai suatu kesatuan dalam mata pelajaran IPA (Ilmu Pengetahuan Alam). Hal ini dimaksudkan untuk memberikan wawasan yang utuh bagi siswa SMP/MTs tentang prinsip-prinsip dasar yang mengatur alam semesta beserta segenap isinya.

Buku IPA Kelas VII SMP/MTs ini disusun dengan pemikiran di atas. Bidang ilmu Biologi dipakai sebagai landasan (platform) pembahasan bidang ilmu yang lain. Makhluk hidup digunakan sebagai objek untuk menjelaskan prinsip-prinsip dasar yang mengatur alam seperti objek alam dan interaksinya, energi dan keseimbangannya, dan lain-lain. Melalui pembahasan menggunakan bermacam bidang ilmu dalam rumpun ilmu pengetahuan alam, pemahaman utuh tentang alam yang dihuninya beserta benda-benda alam yang dijumpai di sekitarnya dapat dikuasai oleh peserta didik SMP/MTs.

Sebagai salah satu rumpun ilmu yang digunakan untuk mengukur kemajuan pendidikan suatu negara, pemahaman peserta didik suatunegara terhadap IPA dibandingkan secara rutin sebagaimana dilakukan melalui TIMSS (the Trends in International Mathematics and Science Study) dan PISA (Program for International Student Assessment). Melalui penilaian internasional seperti ini kita bisa mengetahui kualitas pembelajaran IPA dibandingkan dengan negara lain. Materi IPA pada Kurikulum 2013 ini telah disesuaikan dengan tuntutan penguasaan materi IPA menurut TIMSS dan PISA.

Sesuai dengan konsep Kurikulum 2013, buku ini disusun mengacu pada pembelajaran IPA secara terpadu dan utuh, sehingga setiap pengetahuan yang diajarkan, pembelajarannya harus dilanjutkan sampai membuat siswa terampil dalam menyajikan pengetahuan yang dikuasainya secara konkret dan abstrak, dan bersikap sebagai makhluk yang mensyukuri anugerah alam semesta yang dikaruniakan kewpadanya melalui pemanfaatan yang bertanggung jawab.

Buku ini menjabarkan usaha minimal yang harus dilakukan siswa untuk mencapai kompetensi yang diharapkan. Sesuai dengan pendekatan yang dipergunakan dalam Kurikulum 2013, siswa diberanikan untuk mencari dari sumber belajar lain yang tersedia dan terbentang luas di sekitarnya. Peran guru sangat penting untuk meningkatkan dan menyesuaikan daya serap siswa dengan ketersediaan kegiatan pada buku ini. Guru dapat memperkayanya dengan kreasi dalam bentuk kegiatan-kegiatan lain yang sesuai dan relevan yang bersumber dari lingkungan sosial dan alam.

Implementasi terbatas pada tahun ajaran 2013/2014 telah mendapat tanggapan yang sangat positif dan masukan yang sangat berharga. Pengalaman tersebut dipergunakan semaksimal mungkin dalam menyiapkan buku untuk implementasi menyeluruh pada tahun ajaran 2014/2015 dan seterusnya. Buku ini merupakan edisi kedua sebagai penyempurna dari edisi pertama. Buku ini sangat terbuka dan terus dilakukan perbaikan dan penyempurnaan dimasa mendatang. Untuk itu, kami mengundang para pembaca memberikan kritik, saran dan masukan untuk perbaikan dan penyempurnaan pada edisi berikutnya. Atas kontribusi tersebut, kami ucapkan terima kasih. Mudah-mudahan kita dapat memberikan yang terbaik bagi kemajuan dunia pendidikan dalam rangka mempersiapkan generasi seratus tahun Indonesia Merdeka (2045).

Baca Juga  :

Perangkat Pembelajaran K13 Revisi 2020 ( RPP Format 1 Lembar )
  • Perangkat Pembelajaran MTK K13 Revisi 2020 Kelas 7,8 & 9, Unduh File
  • Perangkat Pembelajaran IPA K13 Revisi 2020 Kelas 7,8 & 9, Unduh File
  • Perangkat Pembelajaran B. Indonesia K13 Revisi 2020 Kelas 7,8 & 9, Unduh File
  • Perangkat Pembelajaran B. Inggris K13 Revisi 2020 Kelas 7,8 & 9, Unduh File
  • Perangkat Pembelajaran IPS K13 Revisi 2020 Kelas 7,8 & 9, Unduh File
  • Perangkat Pembelajaran PKN K13 Revisi 2020 Kelas 7,8 & 9, Unduh File
  • Perangkat Pembelajaran PJOK K13 Revisi 2020 Kelas 7,8 & 9, Unduh File
  • Perangkat Pembelajaran PAI K13 Revisi 2020 Kelas 7,8 & 9, Unduh File
  • Perangkat Pembelajaran PRAKARYA K13 Revisi 2020 Kelas 7,8 & 9, Unduh File
  • Perangkat Pembelajaran SENBUD K13 Revisi 2020 Kelas 7,8 & 9, Unduh File
Selengkapnya mengenai Download RPP 1 Lembar IPA K13 Revisi 2020 Kelas 7 Semester 2, Sesuai Edaran No 14 Tahun 2019 bisa di unduh pada link ini: Unduh File

No comments for "Download RPP 1 Lembar IPA K13 Revisi 2020 Kelas 7 Semester 2"

bukti akreditasi lengkap