Langkah-Langkah Cara Pengajuan Proposal Di Simsarpras Secara Online

Langkah-Langkah Cara Pengajuan Proposal Di Simsarpras Secara Online

Pada bab ini akan membahas tentang menu pengajuan proposal madrasah, mulai dari jenis bantuan sampai langkah-langkah cara pengajuan proposal secara online.

Kategori Jenis Bantuan
Kategori jenis bantuan pada SIMSARPRAS veris 2.0 memiliki 8 kategori, diantaranya sebagai berikut :
  • Asrama
Jenis bantuan ini ditujukan untuk madrasah negeri yang lokasinya jauh dari tempat tinggal para siswanya, sehingga harus membangun fasilitas asrama bagi siswanya.
  • Computer Based Test (CBT)
Jenis bantuan ini ditujukan untuk madrasah negeri yang mengadakan UNBK, dengan jenjang MTSN dan MAN. Jenis bantuan diantaranya berisi perangkat komputer, jaringan dan server.
  • Inklusi
Jenis bantuan ini ditujukan untuk madrasah inklusi atau madrasah luar biasa yang memiliki peserta didik berkebutuhan khusus. Selengkapnya mengenai jenis bantuan bisa dibaca pada juknis inklusi.
  • Laboratorium
Jenis bantuan ini ditujukan untuk madrasah yang membutuhkan bantuan pembangunan laboratorium sebagai sarana tempat belajar mengajar yang berhubungan dengan praktek-praktek langsung terhadap mata pelajaran yang diajarkan, baik laboratorium komputer, IPA, ataupun montir.
  • Media Pembelajaran
Jenis bantuan ini ditujukan untuk madrasah yang membutuhkan bantuan media pembelajaran ataupun peralatan exstarkurikuler.
  • Meubelair
Jenis bantuan ini ditujukan untuk madrasah yang membutuhkan bantuan meubelair, baik yang kondisinya memang membutuhkan pergantian meubelair ataupun madrasah yang baru membangun ruang kelas baru. Selengkapnya mengenai jenis bantuan bisa dibaca pada juknis meubelair.
  • Moda Transportasi
Jenis bantuan ini ditujukan untuk madrasah yang membutuhkan bantuan moda transportasi, seperti kebutuhan kendaraan bagi pengajar atau pengawas didaerah 3T.
  • Pembangunan Infrastruktur
Jenis bantuan ini ditujukan untuk madrasah yang membutuhkan bantuan pembangunan infrastruktur, seperti pembangunan sarana ibadah, ruang UKS, ruang koprasi, ruang kantin, ruang parkir, toilet, perpustakaan, dan lainnya yang digunakan secara bersama-sama untuk madrasah selain jenis bantuan RKB.
  • Peningkatan Sarana
Jenis bantuan ini ditujukan untuk madrasah yang membutuhkan bantuan peningkatan sarana, seperti RA/BA dengan bantuan alat peraga educatif (APE) dan juga madrasah yang membutuhkan jenis bantuan peningkatan sarana lainnya, seperti pagar, paving block, dan lain sebagainya.
  • Peralatan Laboratorium
Jenis bantuan ini ditujukan untuk madrasah yang membutuhkan bantuan peralatan laboratorium, seperti kebutuhan-kebutuhan perlengkapan laboratorium komputer, perlengkapan laboratorium IPA, perlengkapan montir, perlengkapan perpustakaan, dan lain sebagainya.
  • Rehab
Jenis bantuan ini ditujukan untuk madrasah yang membutuhkan bantuan rehabilitasi ruang kelas, dengan pemilihan jenis bantuan sesuai jenjang yang telah disediakan oleh aplikasi. Selengkapnya mengenai jenis bantuan bisa dibaca pada juknis rehab.
  • Revitalisasi
Jenis bantuan ini ditujukan untuk madrasah negeri yang membutuhkan bantuan revitalisasi.
  • Ruang Kelas Baru (RKB)
Jenis bantuan ini ditujukan untuk madrasah yang membutuhkan bantuan ruang kelas baru, dengan pemilihan jenis bantuan sesuai jenjang yang telah disediakan oleh aplikasi. Selengkapnya mengenai jenis bantuan bisa dibaca pada juknis RKB.
  • Teknologi Informasi
Jenis bantuan ini ditujukan untuk madrasah yang membutuhkan teknologi informasi untuk meningkatkan kualitas dan mutu kegiatan belajar dan mengajar madrasah dan membantu aktifitas-aktifitas lainnya yang berkaitan untuk kemajuan madrasah. Jenis bantuan seperti laptop, projector, perlengkapan multimedia, dan lain sebagainya.
  • Terluar, Terdepan, Tertinggal (3T)
Jenis bantuan ini ditujukan untuk madrasah yang masuk kedalam kondisi 3T sesuai peraturan pemerintah pada penetapan daerah tertinggal yang tertuang dalam Peraturan Presiden (perpres) Nomor 131/2015 tentang penetapan daerah tertinggal tahun 2015–2019.

Cara Pengajuan Proposal Online

Berikut ini langkah-langkah dalam pengajuan proposal oleh madrasah yang membutuhkan dana bantuan.

A. Pemilihan Jenis Bantuan
  • Pilih menu Pengajuan Proposal -> Pilih Kategori Jenis Bantuan.
  • Setelah memilih kategori jenis bantuan yang diinginkan, kemudian pilih Pengajuan Baru seperti gambar dibawah ini.

Langkah-Langkah Cara Pengajuan Proposal Di Simsarpras Secara Online
  • Pilih jenis bantuan sesuai jenjang madrasah.
Langkah-Langkah Cara Pengajuan Proposal Di Simsarpras Secara Online
  • Masukkan keterangan pengajuan kemudian klik SIMPAN.

Langkah-Langkah Cara Pengajuan Proposal Di Simsarpras Secara Online
Keterangan :

Keterangan pengajuan digunakan untuk menyampaikan alasan madrasah dalam pengajuan proposal bantuan yang dipilih. Misalnya mengajukan jenis bantuan meubelair seperti diatas karena madrasah sebelumnya mendapatkan bantuan ruang kelas baru (RKB), sehingga membutuhkan dana bantuan untuk meubelairnya, ataupun karena meubelair yang sudah ada atau yang digunakan madrasah saat ini sudah tidak layak pakai.

No comments for "Langkah-Langkah Cara Pengajuan Proposal Di Simsarpras Secara Online"

bukti akreditasi lengkap